Sejarah Penemuan Macam-macam Pakaian dari Zaman Sebelum Masehi sampai Abad 19 Masehi

Sejarah penemuan macam-macam pakaian. - Hallo sobat Aj, pada artikel kedua yang kutulis hari ini ialah membahas tentang sejarah penemuan macam-macam pakaian.

Sejarah Penemuan Macam-macam Pakaian dari Zaman Sebelum Masehi sampai Abad 19 Masehi
Ini hanyalah ilustrasi gambar dari pembahasan artikel ini. Sumber gambar dari www.pixabay.com

Saya mengetahui informasi penemuan ini dari membaca beberapa website yang telah membahasnya. Jadi, silahkan Kamu baca pengetahuan ini.

Sejarah penemuan macam-macam pakaian di Zaman sebelum masehi

Sebelum pembahasan, sebenarnya Kita patut bersyukur bahwasanya manusia selalu untuk berkembang dalam hal apapun, yah termasuk pakaian. Nah inilah sejarah penemuan macam-macam pakaian di zaman sebelum masehi secara singkat :

Di tahun 400 Sebelum Masehi (SM) para wanita di yunani sudah membuat dan mengenakan gaun panjang. Nah gaun panjang itu berfungsi sebagai salah satu untuk menutupi tubuh. Bukan hanya wanita yunani saja begitu, Pria yunani juga sudah mengenakan mantel dan jubah.

Tahun 1200 SM para pria mesir sudah mengenakan cawat dan sejenis pakaian seperti rok. Sedangkan wanita di mesir memakai gaun dengan tali di bahu, itu cantik dilengkapi perhiasan di sekitar tersebut.

Di tahun 20.000 SM orang eropa telah membuat dan memakai pakaian seperti celana, mantel dan sepatu tinggi. Di eropa cuaca nya sering kali dingin, jadi pakaian celana dan mantel sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Pakaian tersebut terbuat dari kulit binatang yang disatukan dengan menggunakan jarum. Jarum itu terbuat dari tulang.

Nah itulah secara singkat penemuan macam-macam pakaian di zaman sebelum masehi, selanjutnya kita bahas sejarah penemuan macam-macam pakaian di zaman abad tahun masehi.

Pembahasan secara singkat tentang sejarah penemuan macam-macam pakaian di zaman abad masehi

Di tahun 100 M & 1000 M

Manusia sudah menemukan dan mengenakan tunik, baju toga, gaun panjang, celana pendek, hem dan jubah. Nah di tahun 100 M yang mengenakan tunik dan baju toga adalah pria warga negara romawi. Bukan hanya pria, wanita romawi juga sudah mengenakan gaun panjang. Untuk celana pendek mereka sama-sama juga memakai nya.

Pada tahun 1000 M pria saxon sudah menemukan dan memakai hem, jubah dan celana. Sedangkan wanita mengenakan pakaian linen panjang dengan tunik panjang di atasnya.

Di tahun 1300 M & 1590 M

Pada tahun 1300 M Pria sudah mengenakan tunik, dan memakai celana pendek linen yang disebut braies. Oh iya mereka juga memakai kaus panjang seperti mirip stocking. Untuk wanita mereka memakai pakaian mirip gaun dan tunik panjang.

Pada tahun 1590 M pria mengenakan doublet. Doublet adalah jas dan celana yang dipakai pria. Sedangkan wanita memakai pakaian linen gaun panjang dan farthingale (sejenis korset). Bukan hanya itu saja, baik pria dan wanita juga mengenakan Topi.

Di tahun 1680 M, 1797 M & 1800 M

Pada tahun 1680 M para pria telah memakai celana, stoking, sepatu boot, rompi dan dilapisi jubah mantel. Nah untuk wanita masih mengenakan gaun panjang.

Pada tahun 1797 M di inggris telah memperkenalkan Topi yang ada di bagian atas kepala.

Pada tahun 1800 M para wanita telah memakai pakaian dalam.

Di tahun 1820 M, 1822 M, & 1849 M

Pada tahun 1820 M seorang yang bernama Thomas Hancock adalah pencipta bahan pakaian elastis.

Pada tahun 1822 M Seorang Albert Thurston telah menciptakan pengikat pakaian (Suspender) seperti pada mantel.

Pada tahun 1849 M seorang Walter Hunt telah menciptakan Peniti.

Di Tahun 1870 M & 1893 M

Pada tahun 1870 M pria memakai celana panjang, jas dan rompi. Sedangkan wanita mengenakan rangka untuk rok atau disebut bustles, itu digunakan untuk memperlihatkan gaun yang akan lebih menonjol.

Pada tahun 1893 M seorang Whitcomb Judson telah menciptakan Resleting.

Nah itulah pembahasan singkat sejarah penemuan macam-macam pakaian di zaman setelah masehi. Lanjut ke pembahasan terakhir yah…

Inilah sejarah penemuan macam-macam pakaian di zaman abad ke-19 Masehi

Baiklah sobat Aj silahkan Kamu baca lagi, berikut inilah pembahasan singkat nya.

Pada tahun 1903 M & 1910 M, gantungan baju telah diciptakan oleh seorang yang bernama Albert Parkhouse dan wanita telah mengenakan rok hobble, sehingga wanita yang memakai rok hobble itu nampak langsing.

Pada tahun 1910 M & 1913 M, stocking dan celana dalam wanita terbuat dari Rayon pertama kalinya yang sejenis dari bahan Viscose dan seorang yang bernama Mary Phelps Jacob telah menciptakan Bra.

Pada tahun 1917 M & 1926 M, Resleting telah dipatenkan serta disempurnakan oleh Gideon Sundback, dan setrika uap pertama kalinya dirilis.

Pada tahun 1920 M & 1925 M, Celana dalam menjadi pendek, pakaian pria tidak terlalu formal karena ia suka mengenakan sejenis pakaian sweater/jaket dibandingkan rompi. Dan wanita mengenakan rok panjang sebatas lutut.

Pada tahun 1935 M & 1941 M, Wallace Carothers telah menemukan Nilon, dan Polyester diciptakan serta di inggris dimulai pendistribusian pakaian.

Pada tahun 1946 M & 1947 M, Bikini telah diciptakan, dan Christian Dior telah mengenalkan kepada orang mode fashion dengan sebutan New Look.

Pada tahun 1949 M & 1959 M, Telah berakhirnya pendistribusian pakaian di inggris, dan Panthyhouse atau Stocking diciptakan.

Pada tahun 1965 M & 1990 M, Mary Quant telah menciptakan Rok Mini, dan pakaian dalam mini (Thong) menjadi populer.

Baca juga artikel terkait sebelumnya: Sejarah awal mula pakaian ditemukan

Yah selesai sudah pembahasan kali ini untuk Kamu sobat Aj, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Kamu. Oh iya mohon maaf yah jika ada kesalahan dalam artikel ini, Terima kasih.