Mengenal Sejarah Awal Mula Pakaian ditemukan Pada Zaman Dahulu

Mari kita mengenal awal mula pakaian ditemukan pada zaman dahulu. - Hai sobat Aj pada artikel kali ini saya membagikan artikel yang bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan Kita mengenai pakaian. Setelah saya baca sana dan sini pada dasarnya manusia belum tahu sejak kapan manusia memakai pakaian. Akan tetapi menurut antropologi pembuatan pakaian itu terbuat dari kulit pohon dan kulit hewan tertentu.

Mengenal Sejarah Awal Mula Pakaian ditemukan Pada Zaman Dahulu
Ini hanyalah gambar ilustrasi dari sejarah gambar pakaian ditemukan pada zaman dahulu. Sumber gambar ini dari www.pixabay.com

Secara singkat inilah sejarah awal mula pakaian ditemukan pada zaman dahulu

Nah pada zaman prasejarah manusia belum mengenal busana seperti sekarang, pada zaman terdahulu manusia memakai kulit binatang, tumbuh-tumbuhan untuk menutupi tubuh mereka. 

Manusia purba yang hidup didaerah dingin, menutupi tubuhnya dengan kulit binatang, misalnya kulit domba yang berbulu tebal. 

Sedangkan manusia purba yang hidup didaerah panas melindungi tubuh mereka dengan memanfaatkan kulit pepohonan yang direndam terlebih dahulu lalu di pukul-pukul lalu di keringkan. Selain itu mereka juga menggunakan dedaunan dan rumput untuk menutupi tubuh mereka.

Nah ada juga menurut sebuah studi di universitas florida yang ada di amerika serikat, bahwa memperkirakan awal mula pakaian ditemukan sejak tahun 170.000 tahun yang lalu. Manusia modern mulai berpakaian sekitar 70.000 tahun sebelum bermigrasi ke daerah yang lebih tinggi dan beriklim lebih dingin. Migrasi itu sendiri terjadi kira-kira 100.000 tahun lalu.

di beberapa titik prasejarah, pertama kali yang membuat Pakaian adalah Manusia Neanderthal. Secara singkat pembahasan, Manusia Neanderthal membuat pakaian dari kulit binatang yang diburu. Hal ini dikarenakan mereka ingin melindungi diri agar tubuh tetap hangat dan nyaman.

Jujur kak Aj sih nggak tau yah, Akan tetapi banyak sekali memprediksi pakaian mulai muncul pada kehidupan manusia sejak ratusan ribu tahun yang silam. Hal ini diperkirakan karena adanya penemuan benda-benda yang digunakan untuk membuat baju. Yang pertama benda penemuan tersebut adalah jarum jahit yang diyakini milik budaya Soluteran dari negara perancis sejak tahun 19.000 SM - 15.000 SM.

Yang kedua benda penemuan yang ditemukan ialah alat tenun dalam bentuk cetakan tekstil pertama yang ada di negara Republik Ceko, tepatnya ada di Dolni Vestonice. Dengan adanya alat tenun itu manusia mulai menggunakan benang yang dipintal dari kapas, ulat sutra, bulu domba sebagai bahan dasar pakaian.

Sobat aj, pada faktanya manusia memiliki pandangan masing-masing tentang berpakaian menurut kebudayaan, fungsi dan mode hingga saat zaman dahulu sampai saat ini. Pada masa yang berbeda setiap bangsa mengenal tradisi berpakaian dengan kebudayaan masing-masing. 

Hal ini terbukti sekitar 2000 sebelum masuk pada abad masehi. Bangsa Mesir, Persia, Yunani dan Romawi sudah mengenal tradisi berpakaian. Itu terbukti setelah bangsa mesir sudah menenun kain linen. 

Bangsa persia, wanita sudah menggunakan celana panjang. Bangsa romawi sekitar tahun 200 sebelum masehi (SM) mulai memakai kain linen. Kalau di indonesia sudah mengenal tradisi berpakaian sejak zaman Neolitikum atau Zaman muda.

Contoh Pakaian terbaik prasejarah yang ditemukan oleh iceman pada tahun 1991 di pegunungan alpen adalah milik kaum otzi yang pakaian terbaik itu berusia 5300 tahun.

Terakhir, yang Kita tahu Pakaian adalah kebutuhan primer dan fungsinya itu untuk menjaga pemakainya merasa nyaman dalam keadaan cuaca dingin atau panas. Manusia membutuhkan pakaian untuk menutupi dirinya sendiri dan digunakan sebagai penentu simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya.

Silahkan baca artikel selanjutnya tentang sejarah penemuan macam-macam pakaian dari zaman SM hingga Abad ke-19 Masehi