Mengenal Kain Linen Sebagai Bahan Pembuatan Pakaian

Mari mengenal kain linen sebagai bahan pembuatan pakaian. - Hallo sobat Aj, pada artikel keenam ini, saya menuliskan hal yang bermanfaat. Yaps kali ini Saya membahas mengenai Kain linen.

Mengenal Kain Linen Sebagai Bahan Pembuatan Pakaian
Gambar ini bukan milik saya. Source image by fibre2fashion.com

Dalam sepanjang sejarah bahwasanya kain linen merupakan kain pertama yang dikenal dalam peradaban manusia, dan serat linen itu sebagai bahan dasar pembuatan kain.

Manusia kuno pada zaman dahulu meninggalkan peninggalan kuno dari jerami, biji, serat, benang dan berbagai jenis kain linen, itu ditemukan sekitar tahun 8000 SM telah ditemukan di Swiss.

Kain Linen Sebagai Bahan Pembuatan Pakaian

Pada abad pertengahan linen digunakan sebagai perisai, seperti di era klasik linen digunakan sebagai baju yang disebut linothorax. Pada zaman dahulu kain linen kuno ditenun dari benang yang sangat bagus tetapi masih lebih kasar sedangkan kalau dibandingkan dengan linen modern sekarang ini memiliki kualitas lebih halus dan bagus.

Pada zaman Mesopotamia Kuno, rami telah dibudidayakan dan linen telah diproduksi secara massal dan dipakai oleh masyarakat kelas kaya, termasuk para imam agama. Penggunaan linen untuk pakaian-pakaian para imam juga digunakan oleh orang-orang, linen dipakai karena kesuciannya.

Sekilas Tentang Kain Linen

Ada banyak alasan mengapa orang-orang suka dan menjadikan kain linen sebagai bahan pembuatan pakaian, diantaranya itu memiliki karakteristik yang cukup istimewa, terbuat dari serat alami (tumbuhan rami) dan memiliki tekstur yang halus serta sedikit berkilau.

Asal kalian tahu hingga saat ini banyak sekali macam-macam kain linen diantaranya itu ada linen kenzo, katun linen look. linen 3G, lineta linen atau linen slub, linen euro atau linen viscose, interles slub dan lain- lain.

Jika kain linen digunakan sebagai pembuatan pakaian gamis, tentunya yang memakai nya bakalan merasa adem saat cuaca apapun. Kain linen itu sendiri pun bisa bertahan lama dan untuk harganya cukup mahal.

Sebagian ciri-ciri kain linen itu diantaranya adalah memiliki serat yang cukup tebal, jika sudah terbentuk kain nah serabutnya itu tidak mudah terurai, memiliki tekstur lembut.

Jika sudah terbentuk dalam berbagai mode pakaian, salah satu yang istimewa ialah dapat dikenakan dalam cuaca apapun, misal dalam cuaca panas Kita bakalan merasakan adem sebab bahan pakaian yang terbuat dari kain linen dari serat rami.

Sedikit tips yang Saya bagikan kepada Kamu jika memilih pakaian dari bahan kain linen, berikut dibawah ini tipsnya :

1. Perhatikan pada jahitan dari pakaian itu, seperti rapi, bagus dan saat diraba halus.

2. Saat diangkat terasa berat.

Nah itulah sedikit tips dari Saya, sangat rekomendasi jika Kamu menganut agama muslim. Saya sarankan Kamu membeli pakaian gamis dari bahan linen saja. Sebab yah itu tadi yang sudah saya jelaskan diatas.

Dan untuk perawatan pakaian dari bahan kain linen itu caranya bisa Kamu lakukan seperti dibawah ini :

1. Jangan sering dilipat

2. Jangan gunakan pemutih pakaian

3. Hindari pengering pakaian

4. Mencuci harus hati-hati seperti jangan direndam terlalu lama, dan harus dikucek pelan-pelan.