Mengenal Kain Katun Sebagai Bahan untuk Produksi Pakaian

Ayo Kita mengenal kain katun sebagai bahan untuk produksi pakaian. - Hallo sobat Aj pada artikel kedelapan yang ku tulis hari ini, semoga bermanfaat. Kali ini saya membahas mengenai kain katun.

Mengenal Kain Katun Sebagai Bahan untuk Produksi Pakaian
Sumber gambar ini by Mysure. Ini bukan milik saya!

Mengenal Kain Katun

Bagi yang belum tahu, kain katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas. Kain katun ini banyak sekali diincar dan diproduksi oleh orang-orang untuk dijadikan produk yang bermanfaat. Secara singkat untuk proses pembuatan kain katun itu ialah dengan cara mengambil serat-serat kapas.

Oh iya bahan kain katun terbagi dua jenis, untuk yang pertama katun yang dipintal serta ditenun yang diambil dari serat tanaman kapas. Yang kedua linen yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman rami.

Jenis-jenis Kain Katun

Mungkin sebagian dari Kamu belum tahu jenis-jenis kain katun yang bagus digunakan untuk membuat salah satu produk seperti pakaian. Nah berikut dibawah ini adalah jenis-jenis kain katun itu :

1. Kain katun supernova

Ini adalah jenis kain katun yang terbaik namanya adalah katun supernova. Ia memiliki kelebihan diantaranya ialah bahan yang terbilang lembut, dingin, halus dan ringan. 

Kalau ingin mencari tahu ciri kain katun supernova adalah terlihat jelas serat-serat benang halus yang terburai pada permukaan nya. Kain katun supernova dijadikan salah satu produk pembuatan pakaian seperti pakaian muslim.

2. Kain katun linen euro

Berbeda dari yang tadi, untuk katun linen euro terdapat karakter yang agak kaku dan ini sebagai jenis kain katun yang bagus. Nah bukan hanya itu saja, kain katun euro linen juga memiliki serat benang yang paling longgar dan lumayan besar. Untuk kain katun linen euro diproduksi salah satunya sebagai bahan pakaian casual.

3. Kain katun toyobo original import

Untuk jenis kain katun selanjutnya ini ada katun toyobo original import yang memiliki ciri khas bahan yang ringan, tidak menerawang, tidak kaku, dingin, disentuh terasa halus dan sedikit licin permukaannya. Nah biasanya kain katun toyobo original import diproduksi sebagai bahan produksi pakaian seragam dan muslim.

4. Kain katun ima polos dan ima slub

Menurut orang-orang kalau dilihat secara sekilas mirip akan tetapi kain katun ima polos terdapat tekstur permukaan yang halus dan bermotif. Nah sedangkan kain katun ima slub tidak seperti itu, ia memiliki tekstur benang yang bersilang-silang pada permukaannya. Kedua jenis kain itu biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian seragam dan muslim (baju koko, gamis).

Sebenarnya masih banyak lagi lho jenis-jenis kain katun yang bagus untuk digunakan salah satu sebagai bahan untuk pembuatan pakaian, diantaranya ada kain katun madinah, katun toyobo fodu import premium,  katun jepang polos tokai senko, katun ima royal platinum, kain katun biasa, kain katun rayon, kain katun cina, katun combed, katun ima royal platinum, dan lain sebagainya.

Tips Mengetahui Pakaian Jenis Bahan Kain Katun

Setelah saya menjelaskan jenis-jenis kain katun diatas, Mungkin tips kali ini berguna untuk Kamu yang belum tahu cara mengetahui ciri-ciri pakaian yang menggunakan bahan katun. Nah berikut dibawah ini caranya :

  • Terdapat beberapa serabut-serabut halus pada pakaian itu.
  • Terdapat tekstur yang lembut dan halus pada pakaian itu.
  • Mengkilap.
  • Tidak menyebabkan alergi (hypoallergenic).
  • Tahan lama dan daya tahan kokoh. 
  • Adem saat dikenakan.